Rabu, 12 Desember 2007

Ketika Bangun Pagi

Puisi Mulyoto

Ketika bangun pagi
Aku ingin ada kekuatan, yang menopangku berjalan
Kekuatan yang melepaskan segenap beban

Aku ingin seperti sang angin, yang dengan ringan mengalir
Menyapa pucuk-pucuk cemara
menyambangi lembah dan bukit

Ketika bangun pagi,
Aku ingin bibir ini bisa tersenyum
Aku ingin kaki ini terbebas dari asam urat
yang menjerat
Aku ingin seperti matahari yang selalu bersinar di atas bumi
Seperti angin yang menyapa pucuk-pucuk jati
Seperti burung yang riang menukik-nukik di udara

Aku ingin ada kekuatan yang membuatku terasa ringan
di pagi hari
Aku tahu, kekuatan itu adalah kerinduanmu akan ilmu
Kekuatan itu adalah harapanmu akan kehadiranku!
Itulah kekuatan yang melenyapkan asam urat di kakiku
Kekuatan yang membuatku bisa tersenyum, saat aku bangun pagi
Wahai, murid-muridku!

Tidak ada komentar: